TANTRUM- Si Dua Tahun yang Menyebalkan

Periode antara tahun ke dua sampai ulang tahun yang ke tiga dikenal dengan “terrible twos”.  Pada saat itu, biasanya terjadi kemunduran tingkat emosial dan prilaku anak.  Seorang anak yang ramah, penurut dan mau diajak kerjasama bisa menjadi anak yang pemarah, dan cenderung ngambek ketika sesuatu yang diinginkan tidak terlaksana.

Anda akan terjebak dengan prilaku anak yang dapat berubah dalam hitungan detik.  suasana sore yang tenah bisa menjadi tak terkendali dengan ulah nya, perang urat saraf pun terjadi antara Anda dan si buah hati.  Dengan pola prilaku seperti ini Kita akan mengerti mengapa ada istilah “terrible twos”.

Anda perlu ingat bahwa tingkah laku pada usia ini dipicu oleh rasa frustasi, bukan kenakalan.  selain itu hal ini terjadi karena egosentris bukan keegoisannya.

 

Baca Juga:  Mengatasi Kecemasan Ketika Anak Sakit

Artinya ia melihat dunia hanya dari kacamatanya sendiri, ia ingin semua berjalan sesuai dengan keinginannya dan kemarahannya akan meledak jika keinginannya tidak segera dipenuhi.

Namun, ia tidak egois dalam arti yang sebenarnya.  Ia sangat menyayangi Anda dan tidak ingin membuat Anda kesal.  Akan tetapi sifat egosentris-nya membuat ia selalu ingin didahulukan mengelahkan yang lainnya

Fakta Mengenai Tantrum

  1. Usia puncak terjadinya tantrum yaitu antara 1 sampai 3 tahun, namun ada juga usia 7 atau 8 tahun
  2. Jenis kelamin tidak membedakan seringnya terjadi tantrum, namum tantrumnya anak perempuan berupa verbal sedangkan anak laki-laki secara fisik.
  3. Menuruti keinginan anak tidak akan menghilangkan tantrum, bahkan dalam beberapa kejadian ini dijadikan alasan agar keinginannya terpenuhi lagi.
  4. Selama masa tantrum anak akan menjadi agresif dan sering kali memukul orang yang kebetulan ada didekatnya.

Memanfaatkan Kondisi

Tantrum pada anak pasti terjadi, ada baiknya Anda mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan agar tidak merasa susah dalam mengasuh anak.  Hal terpenting yang harus tertanam pada jiwa Anda adalah akan ada perubahan menggembirakan dalam periode ini.

Perubahan psikologis positif yang bisa Anda manfaatkan selama periode ini adalah :

  • Rasa ingin tahu yang tingggi

Otaknya yang haus akan pengetahuan baru tak mengenal batas.  Balita ingin mengetahui dunia luar disekitarnya. Bantulah mengenal hal baru dengan permainan-permainan.

  • Komunikasi

Ketika kemampuan berbicaranya sudah semakin maju, maka ajaklah berbincang dan bercerita tertang yang ia ketahui, misalnya seputar anggota tubuhnya dan lain-lain.

  • Melakukan banyak hal sendiri

Si kecil mulai suka dengan aktifitasnya sendiri, dia mulai senang dengan ayam peliharaanya, walaupun tidak ada yang menemani bermain dengannya. dan Anda cukup mengawasi saja.

  • Tertawa

Dia mulai berinisatif untuk membuat Anda tertawa dan dia akan menertawai lelucon Anda. dan Anda pun menikmati kebersamaan dengan penuh tawa bersamanya.

  • Dunia luar lebih berharga

Ia akan menghabiskan banyak waktunya dengan teman-temannya, sehingga waktu berkumpul dengan Anda menjadi berkuran, namun Anda dapat membantu menyelesaikan perselisihan dengan temannya.

 

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply