Cazetin Obat Paling Mujarap Menyembuhkan Sariawan

Karena seringnya saya mengalami sariawan, akhirnya saya menemukan obat yang paling mujarap untuk menyembuhkannya. Sebenarnya saya juga tidak tahu kenapa saya sering mengalami sariawan, sampai orang rumah mengatakan “due dapukan kok sariawan”  artinya punya pekerjaan tetap kok sariawanan.

Berbagai pencegahan sudah selalu saya lakukan, mulai dari mengurangi makan berminyak atau gorengan, makan buah walau pun yang ada hanyalah pepaya di pekarangan rumah, namun selalu saja sering sariawan. Tapi bukan berarti sariawan selalu menyerang, namun intensitas terkena sariawan lebih sering jika dibandingkan dengan orang lain.

Baca Juga: 

Apa mungkin mulut saya tergolong yang sensitif saya juga belum pernah berkonsultasi dengan dokter atau periksa di Puskesmas.

Sariawan tidak tergolong penyakit yang membahayakan, artinya tidak menyebabkan kematian pada penderitanya. Namun demikian menurut saya sariawan tergolong penyakit yang sangat menyiksa.

Konon, permulaan kambuhnya penyakit lambung saya biasanya jika saya sariawan, mengapa demikian?.. ya secara otomatis makan pun jadi tidak enak walaupun pakai sate. Sebenarnya dari indera perasa masih dapat merasakan nikmatnya sate, namun terkalahkan dengan rasa perihnya sariawan seperti tersayat sembilu. Terlebih ketika sariawan menempel kerupuk, aduh rasanya bukan kepalang. Sehingga makanan apapun menjadi tidak selera.

Setelah sekian lama berbagai obat yang saya beli di apotik, saya menemukan jenis obat drop (memakai pipet) dengan bahan aktif nystatin. Memiliki nama merek dagang Cazetin Drops, yang merupakan obat anti jamur dan aman jikalau sampai tertelan.

Harga Cazetin Drop

Cazetin banyak tersedia di apotik, obat sariawan yang satu ini juga cocok digunakan oleh anak-anak. Harganya pun terjangkau Rp 20.000,- dalam kemasan 15 ml.  Reaksi obat ini tergolong cepat, biasanya cukup 6 kali pemakaian atau 2 hari sudah terasa berkurang rasa perihnya.

Baca Juga: Cara Memasang Regulator Elpiji SUPAYA Tidak Bocor dan Pasti Aman

Obat ini tergolong obat keras jadi sebelum meminumnya baca aturan penggunaan dan dosisnya, sehingga aman ketika meminumnya. Ketika akan menggunakan sebaiknya dikocok terlebih dahulu hingga larut karena seperti suspensi. Pastikan dimunun setelah makan dan waktu meminumnya rutin pada waktu yang sama. Waktu pagi siang dan malam.

Cazetin tidak boleh diminum oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Minumlah obat sesuai dengan anjuran dari dokter atau sesuai dengan petunjuk yang ada pada brosur dan atau dikemasan produk.

Efek Samping Cazetin Drops

Efek sampingnya yang termasuk langka namun bisa serius, diantaranya:

  • Keram perut
  • Mual
  • Ruam kulit / iritasi
  • Gangguan pencernaan / mencret
  • Perut kembung
  • Sakit perut

Efek samping yang ditimbulkan mungkin terjadi, tapi tidak selalu. Kunjungi dan konsultasi dengan dokter Anda jika melihat efeksamping yang tak kunjung hilang.

Baca Ya :

Dosis Penggunaan

Silahkan ikuti petunjuk pada kemasan dan jangan melebihi dosis yang dianjurkan. Karena dengan dosis berlebihpun tidak akan mempengaruhi lama penyembuhan sariawan.

  • dewasa  1-2 ml 4 kali sehari
  • bayi dan anak-anak   1 ml  3-4 kali sehari

Pengalaman saya penggunaan dalam sehari bisa 5-6 kali, namun tidak melebihi dosis pemakian dalam satu hari yaitu maksimal 8 mili. Untuk mengurangi rasa pedih ketika akan makan Cazetin dapat kalian pakai untuk membantu meredakannya. Jadi ketika akan makan saya tetesi kira-kira 0,3 ml lalu di biarkan selama 1 menit kemudian diratakan keseluruh sudut mulut dan untuk makan sudah nyaman.

Tips Pemakain Cazetin supaya maksimal
  • Selalu jaga kebersihan mulut, gunakan cazetin setelah sikat gigi
  • Teteskan pada luka sariawan, dan biarkan sesaat
  • Ratakan ke seluruh sudut mulut sebelum di telan
  • Tidak usah minum air putih sesaat setelah penggunaan cazetin
  • Jangan makan gorengan, terutama kerupuk

Selamat mencoba tips dari saya:)

 

Leave a Reply