Jurusan Kuliah Bikin Cepet Kaya di Usia Muda

Untuk kalian yang duduk dibangku kelas XII atau kelas 3 (tiga) SMA/SMK sederajat, ada baiknya kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan memikirkan jurusan yang akan kalian ambil mulai dari sekarang.

Berbeda dengan SMA, SMK sudah dibekali atau dipersiapkan untuk siap terjun ke dunia kerja. Namun bagi kalian yang sekolah SMA, kuliah adalah persiapan awal sebelum kalian terjun kedunia kerja.  Tetapi kesempatan kuliah sangat terbuka lebar bagi kalian yang ingin menambah ilmu dan pengetahuan.

Pemilihan jurusan juga tidak boleh sembarangan, ada baiknya kalian berkonsultasi dengan Bapak/Ibu Guru, atau saudara dan keluarga yang kiranya dapat memberikan arahan dan saran yang baik untuk kalian.  Karena pemilihan jurusan bukan hanya sesuai dengan minat dan bakat kalian, tetapi juga berhubungan dengan jaminan masa depan setelah kalian lulus dari kuliah.

 

Kuliah akan menjadi pendidikan persiapan kerja dan meniti karir untuk masa depan. Jadi jurusan yang kalian ambil jangan menjadikan penyesalan dikemudian hari. Mantapkan hati bahwa jurusan yang kalian ambil adalah yang tepat untuk kalian.

Tidak terlepas dari realita yang ada, di perguruan tinggi memang ada beberapa jurusan yang ketika lulus memiliki penghasilan yang lumayan besar atau mendapatkan gaji yang tinggi. Apakah kalian tidak menginginkan hal yang demikian? Ini juga to yang kalian harapkan?…

Baca Juga:  6 Alasan Punya Rumah Sendiri Lebih Baik daripada Ngontrak Terus

 

Banyak jurusan yang bisa kalian pilih dan menjadi pertimbangan, terutama bagi kalian yang memiliki kemampuan akademik yang baik. Ada beberapa jurusan yang memiliki peluang bisa masuk di berbagai dunia kerja (dalam arti kesempatan kerjanya luas), ada juga yang hanya satu profesi tetapi menjajikan pendapatan yang besar.  Oleh sebab itu pahami dan kenali profesi apa yang dapat menjanjikan suksesnya masa depan kalian.

Berikut ini jurusan-jurusan kuliah yang bisa membuat kamu bisa cepat kaya, diantaranya:

Kedokteran Hubungan Internasianal
Teknik Pertambangan Teknik Arsitektur
Ilmu Hukum Teknologi Informasi
Akuntansi Teknik Komputer
Psikologi Teknik Industri
Teknik Nuklir Teknik Kedirgantaraan dan Penerbang
Akademi Pelayaran

Ulasan Tentang Jurusan Di Atas

1. Jurusan Kedokteran

Hampir lebih dari 2 (dua) dekade, jurusan kedokteran adalah salah satu jurusan yang banyak diminati di Negeri ini.  Dan rasanya tidak akan berkurang peminatnya, karena diimbangi dengan banyaknya layanan kesehatan yang makin bertambah jumlahnya.

Memilih kampus yang memiliki jurusan kedokteran juga tidak sulit, sudah banyak kampus yang membuka jurusan ini bukan hanya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tetapi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga ada.

Menjadi dokter adalah profesi yang mulia, karena selain membantu kesembuhan untuk orang lain, tetapi juga memiliki kesempatan mendapatkan gaji yang tinggi.

Kalaupun tidak mau menjadi pegawai yang mendapatkan gaji terbatas, kalian bisa membuka klinik/tempat praktik sendiri sehingga memungkinkan mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

2. Jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Jurusan yang lulusannya bakalan memiliki gaji yang besar berikutnya adalah jurusan teknik perminyakan dan pertambangan.  Kampus yang membuka jurusan ini sangat terbatas, di Indonesia hanya beberapa kampus saja, bukan hal yang mengherankan jika untuk masuknya saja terbilang sangat kompetitif.

Selain peminatnya yang sangat banyak dan berasal dari seluruh penjuru Tanah Air, daya tampungnya pun terbatas, jadi wajar saja kalau bisa masuk ke jurusan ini adalah suatu kebanggaan tersendiri.

Baca Juga: Rp.30 ribu Biaya Pembuatan SKCK 2018

Biasanya, mahasiswa semester akhir sudah ditawari perusaaan-perusaan yang siap memanfatkan kemampuannya untuk berkontribusi di perusahaan tersebut. Dan gajinya pun cukup lumayan lah untuk kelasnya yang baru lulus kuliah.  Kurang lebih kalian bisamengantongi belasan juta rupiah untuk seorang yang baru menyandang gelar Sarjana Teknik Pertambangan.

3. Jurusan Ilmu Hukum

Menjadi pengacara (advokad) adalah karir yang menjanjikan, selain itu kalian juga bisa manjadi seorang Notaris.Tak hanya di pemerintahan, jurusan yang satu ini juga akan memberikan kalian kesempatan yang luas untuk berkarir sendiri atau bahkan melalui kantor-kantor pengacara  besar di Indonesia.

About Reni Kurniasari

Guru di SMK N 2 Metro, Lampung

View all posts by Reni Kurniasari →

2 Comments on “Jurusan Kuliah Bikin Cepet Kaya di Usia Muda”

Leave a Reply