INGIN CEPAT HAMIL Ketahui Masa Subur dg RUMUS INI

Cara KB Alami dengan Mengetahui Masa Subur

Pasangan yang telah menikah tentunya sangat mendambakan kehadiran seorang anak. Hadirnya seorang anak akan menambah kedamaian dalam kehidupan berumah tangga.

Tidak sedikit pasangan yang menginginkan momongan namun tak kunjung diberi oleh Yang Maha Pencipta. Berbagai cara dan anjuran dari sahabat, tetangga dan juga dokter tentu akan dilakukannya untuk mendapatkan keturunan.

Datangnya anak diawali dari kehamilan seorang isteri, prosesnya yaitu pembuahan sel telur atau ovarium oleh sperma. Dan pembuahan ini bisa berlangsung saat masa subur dialami oleh seorang wanita. Sebagai tanda yang dapat dikenali yaitu saat sebelum menstruasi datang.

Baca Juga :

Metode inilah yang biasanya digunakan oleh pasangan suami isteri yang cenderung menerapkan metode KB alami. Jadi KB nya tidak mengunakan alat kontrasepsi yang ada didunia kesehatan seperti spiral, sunti, pil KB  dan sejenisnya.

Metode KB alami memang harus mengetahui siklus haid pasangan dalam setiap bulannya. Karena hubungan pasutri dilakukan bukan saat masa subur.

Siklus menstruasi dapat dihitung yaitu dari hari pertama menstruasi sampai datang mentruasi bulan berikutnya

Memiliki keturunan merupakan salah satu harapan dari sebagian besar pasangan suami istri. Di sisi lain, pada dasarnya, kehamilan membutuhkan proses pembuahan, yakni pertemuan sel telur dan sperma. Tubuh wanita memiliki penanda yang dapat dikenali sebagai masa subur sebelum haid.

Masa subur adalah keluarnya sel telur dari ovarium atau biasa disebut ovulasi. Sebagai contoh wanita yang siklus haid 28 hari, maka dia mempunyai 6 hari masa subur, yaitu 5 hari sebelum ovulasi dan 1 hari saat ovulasi.

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda pada setiap bulannya. Ada siklus terpendek dan ada siklus terpanjang. Dalam menentukan masa subur yang terpola dapat dilakukan paling tidak pencatatan siklus selama 8 bulan.

Ilustrasi proses ovulasi
Jika siklus menstruasi sudah diketahui, maka masa subur dapat diperkirakan waktunya dengan rumus berikut :

Siklus ter pendek dikurangi 18 hari adalah sebagai hari pertama masa subur.

Sebagai contoh: siklus ter pendek haid adalah 26 hari. Maka hari pertama masa subur adalah hari ke-8.

Siklus ter panjang dikurangi 11 adalah sebagai hari terakhir masa subur.

Sebagai contoh : haid ter panjang 30 hari. Maka hari terakhir masa subur hari ke-19.

Dari perhitungan di atas maka dapat ditarik kesimpulan perkiraan masa subur yaitu antara tanggal 8 sampai tanggal 19 merupakan masa subur dan memiliki tingkat kehamilan yang tinggi jika terjadi pembuahan.

Selamat Menghitung 🙂

Leave a Reply