Cara bayar pajak PBB online, TANPA RIBET lihat DISINI

17 views
Cara bayar pajak PBB online, mudah dan hemat waktu.

Sebagai dampak dari perkembangan teknologi dan informasi saat ini, segala aktifitas dapat dengan mudah dilakukan cukup dengan sentuhan jari-jemari saja.

Kalau dahulu bekerja harus berangkat pagi pulang petang demi sesuap nasi. Namun saat ini cukup duduk di rumah dengan laptop didepannya atau HP nya sudah bisa mengumpulkan sebongkah berlian.

Ino hanya sebagai gambaran bahwa kemajual dunia ini makin tidak terbendung. Segala transaksi bisa dilakukan hanya dengan duduk santai. Penjualan bisa dilakukan cukup dengan via telpon, pembayaran juga demikian.

Dahulu ingin makan nasi rames harus datang ke warungnya, sekarang bisa dipesan melalui ‘gejed’ nya. Pilihan menu rumah makan bisa dilihat setiap saat dengan sentuhan. Tingga pencet order, pilih pembayaran, pilih jasa pengiriman dan makanan sudah dateng kerumah.

Sedikit pengalaman, saya punya keponakan usia 11 tahun, di rumah memang terpasang wifi bulanan untuk menunjang pekerjaan ayahnya.

Suatu waktu ayahnya memang pernah memesankan nasi ayam bakar melalui jasa gofood. Alhasil nasi kotak datang dan bayar ditempat.

Dilain waktu ternyata sang anak ketagihan dengan nikmatnya nasi ayam bakar itu dan akhirnya diapun order.

Download Film Drama Korea Terbaru 2019 DISINI

Yang jadi permasalahan, saat itu yang ada dirumah hanya dia dan tidak berano keluar untuk mengambilnya.

Akhirnya yang mengambil dan membayar tetangganya karena kebetulan adalah paman ortunya. Dan dia sudah menhangka pasti anak itu yang order.

Dari cerita tersebut bisa dibayangkan begitu mudahnya segala aktifitas dan keinginan yang dapat terpenuhi dijadapan kota, anak kecil saja bisa…

Oleh sebab itu kita sebagai orang yang hidup dijaman ini, sedikit banyak harus ikut menikmati kemudahan tersebut. Sebagai contoh jika kita mau bayar tagihan listrik, tagihan telpon, tagihan PBB atau bayar pajak kendaraan.

Cara Membayar PBB Online

Demi kenyamanan dan loyalitas terhadap nasabah dan pelanggan, sudah banyak bank yang menyediakan fitur untuk membayar berbagai tagihan termasuk salah satunya untuk membayar PBB (pajak bumi dan bangunan). Berapakah JUMLAH TAGIHAN yang harus dibayar ?

Sebelum membayar Anda juga bisa mengecek terlebih dahulu Jumlah Tagihan yang harus dibayar. Sehingga bisa memperkirakan total pengeluaran untuk membayar pajak tahun ini.

Cara Membayar PBB Online ada dua cara yaitu

  • Dengan cara datang ke ATM
  • Melalui HP / smartphone
Cara Membayar PBB Online melalui ATM
  • Datang ke gerai ATM terdekat  dan jangan lupa catat  Nomor Objek Pajak (NOP) yang mau dibayar.
  • Masukkan kartu ATM dan PIN lalu enter
  • Pilih Pembayaran
  • Lalu pilih menu Pajak
  • Lalu masukkan 18 digit NOP PBB
  • Ketik tahun pembayaran lalu klik OK
  • Tunggu hingga informasi objek pajak muncul, meliputi letak objek pajak, nama dan alamat wajib pajak serta jumlah utang pajak /tagihan
  • Jika sudah sesuai dengan objek pajak yang mau dibayar, klik OK
  • Pastikan ada konfirmasi SUKSES di layar ATM
  • Ambil dan simpan dengan baik struk pembayaran yang dicetak ATM sebagai bukti yang sah telah lunas PBB

ATM yang bekerjasama diantaranya ATM BCA, BII, Bumiputra, Bukopin, Mandiri dan BNI. Biasanya bank pembangunan daerah (BPD) juga menerima pembayaran pajak PBB.

Cara Membayar PBB Online melalui HP / smartphone
  • Bank BCA dengan Klik BCA
  • Bank BNI dengan Internet Banking dan Phone Plus
  • Bank Mandiri dengan fitur Internet Banking, Phone Banking dan SMS Banking

Atau juga bisa membayar langsung ke bank melalui Taller.  Biasanya cara pembayaran sudah tertera pada SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang) pada setiap tahunnya.

Mengapa harus membayar pajak PBB?

Mungkin ada yang belum tahu manfaat dari membayar pajak bumi dan bangunan untuk kita. Yang pertama adalah untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang fungsinya ya sangat banyak untuk kemajuan daerah kita.

Selain dari pada itu, di banyak kota LUNAS PBB adalah salah satu syarat untuk pelayanan di kelurahan, atau kecamatan. Ada lagiyaitu untuk melakukan balik nama tanah, atau peralihan hak juga memerlukan bukti lunas PBB.

Sekian ulasan kali ini semoga memberikan pencerahan dan manfaat. Terimakasih.

Leave a Reply