BIAYA Sewa Kapal TELUK KILUAN Melihat Lumba-Lumba

47 views

Teluk Kiluan merupakan tempat wisata pantai yang terletak di Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.  Terletak kurang lebih 73 km di sebelah Barat Kota Bandar Lampung, dengan waktu tempuh 3 jam perjalanan.

Perjalanan menuju lokasi dapat menggunakan mobil travel atau bus jurusan Bandar Lampung – Padang Cermin dengan tarif Rp 60.000,- saja.  Temen-temen turun di depan pintu masuk Teluk Kiluan yang terpampang besar di pinggir jalan atau minta mobil untuk mengantar masuk ke lokasi.

Tampaklah hamparan pasir putih bersih dan air laut yang berwarna kebiruan menyambut kedatangan kita.  Dari kejauhan tampak pulau-pulau kecil yang akan menjadi agenda tujuan wisata kali ini.

Keistimewaan Teluk Kiluan yaitu kita dapat menjumpai ratusan ekor lumba-lumba yang mungkin keberadaan di alam liar mulai berkurang karena diburu manusia.  Lumba-lumba umumnya ramah dengan manusia, tidak berbeda dengan disini, mereka bisa akrab walaupun hidupnya di alam bebas.

Baca Juga :  Pantai Pasir Putih Lampung

Wilayah ini merupakan jalur migrasi dua jenis ikan lumba-lumba,  yaitu lumba-lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) dan lumba-lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus).

Waktu yang tepat untuk melihat lumba-lumba adalah jam 6 pagi, bersamaan dengan indahnya sunrice di Laut Pahawang, hewan ini akan mendekat ketika ada perahu atau kapal yang melintas.  Tidak sedikit yang langsung ingin berinteraksi dengan mengiringi lajunya perahu.

Selain itu, di Teluk Kiluan memiliki keindahan yang tersembunyi di balik bukit Teluk Kiluan yaitu Laguna Gayau atau kolam renang yang terbentuk secara alami di tepi pantai yang dibatasi dengan dinding batuan karang.  Airnya begitu jernih dengan kedalaman 1 – 3 meter, sehingga aman untuk berenang atau sekedar berendam di dalamnya.

BIAYA Sewa Kapal TELUK KILUAN Melihat Lumba-Lumba

Memerlukan waktu 30 menit untuk kita dapat menikmati Laguna Gayau yang letaknya pas dibelakang Teluk Kiluan, sepanjang perjalanan teman-teman  disuguhi pantai yang indah dengan bebatuan besar yang kokoh diterjang ombak.

Aktifitas yang tidak kalah menarik yaitu snorkeling, kegiatan water sport yang satu ini wajib temen-temen lakukan kalau sudah sampai di Teluk Kiluan, dengan jernihnya air laut kalian bisa menikmati berbagai spesies ikan hias yang berlalu-lalang disela-sela indahnya trumbu karang.

BIAYA Sewa Kapal TELUK KILUAN Melihat Lumba-Lumba

Jika temen-temen berbakat atau hoby memancing, jangan lupa bawa pancing ya….  Temen-temen boleh mancing kok di tempat yang sudah direkomendasikan, ada sewa kapal yang siap menemani petualangan kalian.

Bagi temen-temen yang berasal dari luar kota disediakan tempat penginapan, tempat ini sangat cocok untuk acara kantor, acara keluarga, atau sekedar weekend bersama teman.

Baca Juga:  Pantai Sari Ringgung yang Asri

Berikut ini rincian biaya yang perlu temen-temen persiapkan jika mau berkunjung ke Teluk Kiluan :

  • Dolpin 1 perahu max 3 orang – 300.000
  • Penginapan 1 kamar 1 malam max 6 orang – 300.000
  • Makan/porsi – 25.000
  • Snorkling/orang – 30.000
  • Pelampung/orang – 15.000
  • Transportasi pulau/orang – 25.000
  • Transportasi laguna/orang – 20.000
  • Pemandu laguna/rombongan max 8 orang – 150.000
  • Pemandu snorkling/rombongan max 8 orang – 150.000
  • Masuk pulau/orang – 5.000
  • Masuk laguna/orang – 5.000

Masih terjangkau bukan?….

Selamat menikmati indahnya Pesona Teluk Kiluan , Tanggamus, Lampung, Indonesia.. @nd

Leave a Reply