Sensasi Mancing di RANU KUMBOLO

Terletak di Pegunungan Tengger Gunung Semeru, Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang sangat mempesona keindahannya.  Danau ini masih termasuk kawasan geografis Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Memiliki luas kurang lebih 15 hektar, memancarkan keindahan  dan keelokan yang bisa membius setiap penikmatnya. Kalau kalian seorang petualang alam sejati , tempat ini harus menjadi salah satu lokasi yang ada di dalam list agenda perjalanan kalian.

tripadvisor.com

Ranu Kumbolo merupakan tempat yang indah dengan milkiway dimalam hari dan penampakan matahari terbit yang sangat memukau dan rugi jika dilewatkan begitu saja. Rasanya tidak salah jika mencoba keberuntungan dengan memasang kail untuk mencoba straik di atas gunung.

Melihat jernihnya air dan lumut yang tampak hijau sepertinya tempat ini sangat baik untuk tumbuh kembang jenis ikan gurameh atau ikan gabus. Jadi jika temen temen mau coba sensasi straik di Ranu Kumbolo cobalah bawa pancing dan senarnya. Kalau mau niat dengan membawa joran silahkan coba saja.

Ranu Kumbolo sendiri kerap dipilih menjadi tempat peristirahatan pertama para pendaki yang akan berpetualang menuju ke puncak Gunung Semeru. Sembari menunggu waktu fajar tiba, mereka akan mendirikan tenda untuk menikmati keindahan matahari terbit yang mengintip perlahan di celah dua buah bukit hijau di ufuk timur yang menakjubkan.

indonesia-tourism.com

Ketika cuaca cerah gugusan galaksi Bima Sakti dapat kita nikmati keindahannya dari tempat ini. Sungguh pemandangan yang sangat luar biasa yang tidak bisa didapatkan bagi temen-temen yang tinggal di perkotaan yang penuh dengan polusi .

wiranurmansyah.com

Kalau kalian ingin berkunjung ke Danau Ranu Kumbolo, harus memaksimalkan perbekalan kalian. Karena bisa dikatakan Gunung Semeru adalah gunung dengan tingkat kesulitan intermediate atau menengah.

Oleh sebab itu lah persiapkan diri kalian secara ekstra sebelum melakukan perjalanan menuju Ranu Kumbolo. Suhu dingin adalah salah satu yang mungkin harus kalian waspadai. Sebab ketika malam dengan cuaca yang cerah suhunya dapat mencapai suhu minus 5 derajat apalagi ketika hujan. Jika perlu kalian juga membawa minuman penghangat badan.  Setidaknya baju hangat atau jaket, sarung tangan dan juga penutup kepala atau kupluk yang dapat menutupi telinga.

 

indonesiatrip.id

Melakukan registrasi adalah hal yang mutlak dilakukan ketikan kalian akan melakukan pendakian. Registrasi dilakukan terlebih dahulu di pos Ranu Pani. Hal ini berfungsi sebagai pendataan kepada para pendaki dan memudahkan penyelamatan atau efakuasi jika terjadi sesuatu.

Siapkanlah dokumen berupa fotokopi Kartu Ttanda Penduduk atau tanda pengenal lain sebanyak 3 (tiga) lembar, yang ke dua yaitu surat keterangan sehat dari dokter. Jika kalian tidak membawa surat keterangan sehat, kalian bisa melakukan pemeriksaan di Senduro, sebelum berangkat menuju Ranu Pani.

Baca Juga: Pesona Danau Ranau dan Tarif Penginapannya

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo kurang lebih akan menempuh waktu 5 hingga 7 jam.  Yah…memang membutuhkan perjuangan  yang cukup menguras enegi. Ada empat pos yang disediakan untuk ber istirahat sebelum kalian sampai ke lokasi.

Namun pejuangan yang melelahkan itu akan terbayarkan ketika kalian sampai ke Ranu Kumbolo.

bromojavatravel.com
bromojavatravel.com
bromomalang.com
parasherpa.blogspot.com
naturalsunrisetour.com
hannasantiago.wordpress.com

Leave a Reply