Ongkos dan Jadwal BUS dari Metro ke Liwa LamBar

Apakah ada BUS dari Metro ke Liwa Lampung Barat ??

Bagi temen-temen dari Kota Metro yang akan berkunjung ke Lampung Barat ada Bus yang langsung lho.  Jadi kalian tidak perlu ke Tegineneng atau malah ke Terminal Rajabasa untuk mencari bus jurusan Liwa Lampung Barat.

Bus yang beroperasi ada 2 yaitu Bus Permata dan Bus Tronjol. Kedua bus ini memiliki rute dan jadwal keberangkatan yang berbeda, namun satu tujuan ke arah Liwa, Lampung Barat.

Jadwal keberangkatan bus dari Metro ke Liwa, LamBar
  1. Bus PERMATA

Bus Permata berpangkalan di Batanghari Sekampung Lampung Timur, jadi bagi temen-temen yang dari Sekampung bisa langsung menyetop bus dari sana.

Rute berangkat dari Metro – Trimurjo – Tegineneng – Gunung Sugih – Bandar Jaya –PROPAU – Kota  Bumi – Ogan Lima – Bukit Kemuning – Sumber Jaya – Fajar Bulan – Way Tenong – Sekincau – Giham – Sukau – Liwa.

Jadwal dari Metro Jam 07.00 WIB dan sampai Liwa 13.00 WIB perkiraan perjalanan kurang lebih 6 jam tanpa adanya masalah di jalan. Biasanya saya naik dari Lampu Merah Ganjar Agung. Sedangkan dari Liwa jam 15.00 WIB, kalau saya biasa nunggu di Way Tenong jam 4 an dan diperkirakan sampai di Metro jam 8 malam.

Ilustrasi bukan penampakan aslinya

Perbedaan rute perjalanan pulang yaitu dari Bandar Jaya – Gunung Sugih – belok kiri kearah Maja Pahit – Punggur – Metro – terminal 16 C – SPBU 24 – Batanghari – Sekampung

Terkadang jika penumpang ke arah Bandar Lampung banyak maka rutenya dari Bandar Jaya lurus kearah Bandar Lampung terminal Raja Basa baru pulang ke arah Metro melalui Tegineneng.

Baca :  Wisata ke Kawah Belerang Way Tenong Lampung Barat

Khusus hari SELASA bus Permata LIBUR alias tidak jalan, jadi bagi temen-temen harus tahu karena jangan sampai sudah persiapan dan nunggu dijalan ternyata bus tidak ada.

  1. Bus Tronjol

Bus tronjol ber markas di belakang SPBU Trimurjo. Berbeda dengan Bus Permata, awal perjalanan melalui jalan kampung menjemput penumpang yang sudah menjadi langganan bus ini. Jadi bagi kalian yang akan menaiki bus ini lebih baiknya menunggu di SPBU Trimurjo.

Rute perjalanan berangkat sama dengan Bus Permata yaitu Trimurjo – Tegineneng – Gunung Sugih – Bandar Jaya –PROPAU – Kota  Bumi – Ogan Lima – Bukit Kemuning – Sumber Jaya – Fajar Bulan – Way Tenong – Sekincau – terakhir di Giham.

Rute perjalanan pulang juga dari Bandar Jaya – Gunung Sugih – Punggur – Metro – terminal 16 C – Trimurjo

Sedangkan operasi Bus Tronjol yaitu Hari Selasa, Kamis dan Sabtu

Kalian juga bisa menitipkan barang untuk dikirim ke Liwa atau juga menerima kiriman dari Liwa, dijamin aman. Karena saya sudah beberapa kali saya menjadikan bus keduanya sebagai jasa ekspedisi dan transportasi andalan ketika pulang kampung. Tapi barang yang sewajarnya ya pren. Misalnya pakaian, beras atau sayur-sayuran dan sejenisnya.

Ongkos Bus dari Metro ke Liwa

Dari pengalaman saya, ongkos naik Bus Permata 45 ribu, jadi kalaupun ada kenaikan tarif, kisaran ongkosnya menjadi 50-60 ribu. Waktu itu juga saya pernah telat dari jadwal alias lebih dari jam 07.00 jadi saya ditinggal dan harus ke Tegineneng, ongkos dari Teginneng ke Liwa 35 ribu, jadi ada selisis 10 ribu.

Sedang untuk Bus Tronjol ongkosnya lebih murah kisaran 5 ribu rupiah, karena pelanggan mereka rata-rata pedagang.

Sebelum kalian berangkat ada baiknya janjian via telpon atau SMS terlebih dahulu, jadi kalian punya gambaram persiapan nunggu mobilnya.

Bus Permata 0856 5888 8832

Leave a Reply