Lokasi Danau Suoh dan KEUNIKAN Kawah Keramik

Danau Suoh adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kita kunjungi jika kita pergi ke Lampung Barat.  Mengapa demikian?  Karena keelokan rupa dan pemandangan yang eksotis membuat sejuk hati kita dan menciptakan kedamaian jiwa manusia yang sibuk dengan urusan dunia fana.

Danau Suoh teletak di sebelah Selatan Ibu Kota Liwa dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan melalui Kecamatan Sekincau atau Kecamatan Batu Brak (dibaca Begkhak).  Jalannya hanya dapat dilalui dengan kendaraan jenis offroad dan kendaraan roda dua jenis trail.

Namun demikian petualangan ini dijamin tidak akan mengecewan, bahkan akan menjadi kenangan yang takkan terlupakan.  Apabila temen-temen berasal dari Bandar Lampung Danau Suoh dapat diakses melaui Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus dan trek yang dilalui lebih mudah.

Baca Juga: DANAU RANAU-Pesona Wisata Lampung Barat

Tempat Wisata Unggulan di Suoh

  1. Danau Lebar, memiliki luas  kurang lebih 60 ha. Danau ini nampak lebih lebar dari danau-danau yang lain sehingga disebut Danau Lebar. Pada tengah danau terdapat pulau dipenuhi pepohonan yang rindang mereka menyebutnya Pulau Lebar.
  2. Bukit Savana Ilalang : hamparan padang ilalang hijau ini terletak diantara ketiga danau dan tempat ini mirip  bukit Teletubbies di film anak. Tempat yang indah untuk ber-selfie ria.
  3. Danau Asam dan Pasir Kuning, luas danau asam sekitar  50 ha dan pasir kuning berada tepat diseberang dari danau asam ini. Untuk menuju pasir kuning bisa naik perahu atau berjalan menyusuri padang savana.
  4. Danau Minyak, disebut Danau Minyak karena pada permukaan air danau tampak seperti terdapat minyak yang mengambang. Danau ini dengan luas sekitar 15 hektar. Pada tepi danau ini di tutupi padang rumput ilalang.. Danau ini dari informasi warga terkadang memiliki tiga warna.
  5. Kawah Keramik, di lokasi ini dapat kita jumpai sumber gas bumi yang keluar dari permukaan tanah dan jumlahnya banyak, jadi kalian harus berhati-hati sebab apabila terlihat tanah tidak ditumbuhi oleh ilalang artinya panas bumi hampir mencapai permukaan Lapisan kerak ini disebut Keramikan yaitu hamparan batuan yang mengeras laksana keramik. Di bawah hamparan yang mengeras menyimpan sumber gas bumi yang tak pernah habis. Terdapat kubangan air panas seperti mendidih karena tertiup gas. Ada yang berukuran besar dan ada yang kecil yang mengalirkan air hangat.
  6. Danau Belibis. Danau ini banyak dihuni burung belibis hingga kini disebut Danau Belibis.
  7. Air Terjun

Danau Suoh ramai pengunjung pada saat-saat tertentu saja seperti Tahun Baru, atau hari Besar Nasional. Karena akses untuk menuju kesana yang masih sulit untuk dijangkau. Namun perjuangan yang luar biasa itu akan terbayar lunas saat kita sampai di daerah berketinggian 1.200 mdpl sambil melihat pesona keindahan alamnya.

Leave a Reply