AWAS!!! BAHAYA GAS Sulfur Wisata di Kawah Ijen

0 views

Kawah Ijen adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Ijen berketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman danau 200 meter dengan luas kawah mencapai 5.466 hektar.

Kawah Ijen, terletak di perbatasan antara Bondowoso dan Banyuwangi di ujung Timur Pulau Jawa.  Disana kalian bisa melihat fenomena unik bernama ‘blue fire‘ atau api biru. 

Memang membutukkan perjuangan yang luar biasa untuk mendapatkan momen tersebut.  Karena udara yang dingin dan rasa kantuk yang sangat, dan mungkin jam-jam tersebut adalah kondisi nyaman untuk tidur kalian.

 

Fenomena blue fire seringkali muncul di gunung berapi yang meletus, sebagai serabut atau bulu-bulu dari letusan gunung api saat ledakan abu terjadi.

Catatan sejarah kuno menuliskan adanya api biru di lereng Selatan Gunung Vesuvius, Italia, gunung berapi yang menghancurkan kota Pompei, dan api biru di Pulau Vulcano yang berada di lepas pantai Sisilia.

Baca Juga :Puncak Rest Area Lampung Barat

Catatan lain menyebutkan, di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat, fenomena api biru pernah terjadi saat kebakaran hutan. Panas dari kebakaran melelehkan belerang di sekitar ventilasi hidrotermal, jalur rekahan yang menghubungkan permukaan bumi dan inti bumi, dan menciptakan api berwarna biru. Fenomena blu fire Kawah Ijen ini dapat dilihat mulai pukul 02.00 sampai matahari terbit.

 

Selain itu kita dapat menyaksikan kesibukan masyarakat sekitar yang bermata pencaharian sebagai penambang belerang.  Yah memang cukup berbahaya jika terlalu dekat dengan semburan gas yang sangat menyengat itu, namun mereka sudah terbiasa dengan aktifitas tersebut.

Perjalanan yang sangat melelahkan, semua demi menikmati keindahan alam yang nyata didepan mata.

 

Leave a Reply