Misteri di Balik Pembangunan Bedungan BATUTEGI

17 views

TRAVELINGKAMU.COM – Pesona wisata yang satu ini terletak di Pekon Batutegi Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.  Apabila temen-temen berasal dari luar kota ada alternatif rute yang harus dan wajib diketahui, pertama, jika turun di Bandara Internasional Radin Inten II, maka temen – temen harus ke Terminal Induk Radja Basa via angkutan bandara atau bisa langsung drop site ke lokasi wisata.

lampungpro.com

Dan yang kedua jika temen-temen via kapal laut maka dari Pelabuhan Bakauheni temen-temen naik bus jurusan Radja Basa.

Dan dilanjutkan naik kendaraan umum Bus Trans Bandar Lampung – Kota Agung dan berhenti di Kecamatan Pulau Panggung dilajutkan dengan angkutan pedesaan (angkot) sejauh 20 km atau juga dengan kendaraan Travel langsung menuju ke Lokasi Wisata Bendungan Batutegi.

Baca Juga:  Cara Service Shock Belakang Motor Vixion

Sepanjang perjalanan dari Kota Bandar Lampung menuju lokasi, temen-temen akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan sawah yang luas dan nampak indah ketika sinar mentari pagi mengiringi perjalanan kita.  Estimasi perjalanan dapat kita tempuh dengan waktu 2 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Dan ketika sudah mendekati lokasi kita disambut dengan sejuknya udara pegunungan serta jalanan yang berkelok naik dan turun perbukitan, namun demikian, perjalanan pun tidak akan terasa karena keindahan yang sangat memukau dan menyejukkan hati.

Bendungan Batutegi memiliki luas areal 16 km2 dan dapat menampung  hingga 858.827 juta meter kubik air, sedangkan saat musim kemarau vulume air 687.767 juta meter kubik saja. Kedalaman air pada saat musim penghujan dapat mencapai 300 meter.  Bandungan ini konon menjadi bendungan terbesar di Asia Tenggara, selain itu manfaatnya pun sangat besar lho temen.

Bendungan ini merupakan salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air pemasok kebutuhan daya listrik di Pulau Sumatra lho teman, penyedia kebutuhan air minum Kota Bandar Lampung dan Kota Metro, juga merupakan jantungnya persawahan di sebagian Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Lampung Tengah dan Kota Metro.

Air nya dapat mengairi ribuan hektar sawah yang tersebar di tiga Kabupaten Kota tersebut.

Bendungan Batutegi memenuhi kebutuahan air irigasi persawaha wilayah:

  • Pringsewu
  • Lampung Tengah
  • Kota Metro

Kita pun bisa belihat aktifitas para nelayan yang menangkap ikan.  Alam yang masih asli menghiasi mata sejauh  kita memandang, warna air yang begitu jernih menggoda kita untuk mencebur ke dalamnya.

Baca Juga:  Air Terjun Putri Malu | Pesona Wisata Alam Way Kanan

Jika temen-temen memiliki hoby memancing, maka tidak ada salahnya adu nyali dengan nelayan ditempat ini, disini disediakan perahu sewaan dan juga alat pancing seadanya, hehe. Tapi kalau sudah tau seperti ini, pasti bakalan di persiapkan dari rumah kan?….

Sungguh pengalaman yang takkan terlupakan jika temen-temen  bisa bakar ikan hasil tangkapan sendiri.  O iya.. temen-temen gak usah kuatir… mancing terus gak dapet ikan, di sekitar dermaga ada kok nelayan yang menjual hasil tangkapanya dan juga menyediakan tempat untuk bakar-bakar.

Jadi bagi temen-temen yang sudah berkunjung ke daerah Lampung so.. jangan sampai Pesona Lampung yang satu ini temen-temen lewatin ya.

Leave a Reply