Kode INDEKS.PHP dan HEADER.PHP hilang, ini solusinya

54 views
Kode INDEKS.PHP dan HEADER.PHP hilang, ini solusinya

Ada saja kendala yang dihadapi oleh blogger pemula, karena mulanya coba-coba akhirnya berujung petaka itulah yang saya alami hari ini.

Sebenarnya masalahnya sederhana saja, berawal dari ulasan sebuah artikel kemudian saya ingin menerapkan di blog saya. Tapi ternyata tak semulus yang saya perkirakan. Tampilan blog menjadi kacau dan berantakan.

Masalah yang terjadi adalah ketika saya ingin meng edit kode .php. Posisinya yaitu menu Apparance lalu pilih editor dan disebelah kanan ada pilihan menu .php. Dan tanpa ragu saya pilih file indeks.php.

Baca Juga:  Cara Mudah Disetujui sebagai Publisher Google AdSense

Pertamakali kode yang saya edit adalah indeks.php, setelah saya copy paste ternyata kode yang  saya tambahkan difile editor tidak dapat disimpan.

Karena tidak bisa disimpan maka kode yang saya tambahkan tersebut saya hapus. Tapi walaupun sudah saya kembalikan seperti semula anehnya file indeks.php tetap tidak mau disimpan.

Karena rasa penasaran, saya buka file header.php, yang saya lakukan hanya mengetik satu huruf dan menghapusnya lagi lalu saya save. Ternyata efeknya sama file editor header.php tidak mau disimpan.

Akhirnya saya kembali lagi ke file indeks.php, yang mengejutkan lagi seluruh isi file hilang tak tersisa satu pun. Ketika saya cek file header.php juga sama.

Kesimpulannya file indeks.php dan header.php hilang. Akhirnya saya cari referensi dan hasilnya tidak menemukan satupun solusi yang sesuai dengan masalah yang saya hadapi.

File indek.php hilang

Ada satu artikel namun saya tidak memahami dalam melakukan prosesnya. Cara pertama saya adalah copy dari file .php website lain ternyata juga tidak bisa, padahal themes nya sama.

Baca Juga :  Cara Copy Artikel Orang Lolos Tes Plagiatisme 100 persen

Setelah di akalin sendiri tidak bisa dan kebuntuan timbul, maka saya konsultasi dengan web hosting saya, dan mereka merespon lalu menindak lajuti keluhan saya.

Namun 48 jam berlalu website belum kembali normal, masih terlihat kacau dan tidak beraturan. Dan saya diberikan pesan untuk menunggu karena proses pemulihan sedang dilakukan.

Kode INDEKS.PHP dan HEADER.PHP hilang, ini solusinya

Karena saya tidak sabar untuk menunggu, maka saya melakukan percobaan dengan menghapus themes yang saat itu saya gunakan, lalu menginstall ulang dan mengaktifkannya, ternyata berhasil. File indeks.php dan header.php kembali lagi.

Tahap-tahap yang dilakukan untuk mengembalikan file.php yang hilang
  • Buka wp-admin pilih appearance klik themes
  • Aktifkan themes yang lain
  • Setelah themes pilihan yang baru aktif, lalu pilih themes yang php dan header.php hilang. Pada kanan bawah terdapat pilihan delete.
  • Untuk mengembalikan ke themes yang telah di delete pilih menu appearance – themes –upload theme-browser- pilih folder theme-install now. (theme yang hilang php dan header.php dulu theme hasil download)
  • Lalu klik aktifkan

Dengan cara tersebut akhirnya file  indeks.php dan header.php kembali pada tempatnya. Dan penampakan website sesuai dengan harapan seperti semula.

Bagi temen-temen jangan mencoba yang belum memahaminya, jangan seperti saya hahaha.

Leave a Reply