Kamera Saku Bagus dan Awet, FUJIFILM FinePix JV 300

13 views
Kamera Saku Bagus dan Awet, FUJIFILM FinePix JV 300

Kali ini saya akan mengulas kamera yang handal dan awet yang saya punya sejak 2012 hingga sekarang yaitu FUJIFILM Finepix JV 300. Namun tidak ada yang aneh dan wajar saja seandainya kamera dalam perawatan atau selalu digunakan.

Masalah bermula karena seringnya kamera dipinjam oleh saudara dan teman-teman ketika sedang berlibur atau sedang ada kegiatan. Ya memang saat itu android belum merakyat seperti saat sekarang. Yang jadi andalan dokumentasi ketika ada kegiatan adalah kamera saku yang imut dan ringan.

Karena seringnya kamera keluar berpetualang tersebut akhirnya terseliplah dan raib kabel data yang selalu digunakan sebagai koneksi utama dalam mengisi daya baterai. Karena jenis kamera FUJIFILM Finepix JV 300 ini tidak dilengkapi dengan pengisian daya yang portable alias terpisah dari kameranya.

Kabel data ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kamera FUJIFILM Finepix JV 300, mengapa demikian? Hasil jepretan dapat dipindahkan secara langsung ke laptop melalui kabel data, namun jika tidak ada kabel data bisa juga dilakukan dengan melepas kartu memori.

Tetapi dalam urusan mengisi daya, mutlak diperlukan kabel data yang menghubungkan antara kamera dengan adaptor atau mengecas menggunakan laptop. Sebenarnya saya juga tidak begitu langsung pasrah dengan keadaan tersebut, mulai dari menanyakan pada orang-orang yang pernah meminjam, sampai saya mencari persamaan kabel data kamera lain dan tidak ada yang cocok. Sebenarnya ada juga aksesoris dari FUJIFILM untuk pengisian daya baterai yang portable itupun setelah membaca buku sakupanduan pemilik.

Kamera Saku Bagus dan Awet, FUJIFILM FinePix JV 300

Tetapi usaha untuk mendapatkan kabel data tidak sampai ke toko, karena tidak lama berselang dapat kamera baru dari kantor dan bisa menggantikan kamera FUJIFILM Finepix JV 300 tersebut, yaitu SONY Cibershot. Seiring dengan berjalannya waktu ternyata kamera yang di berikan oleh kantor dihilangkan oleh teman ketika sedang ada job dan dibawa keluar kota.

Setelah pemotretan terakhir pada Januari 2016 kamera FUJIFILM Finepix JV 300 kehabisan daya dan mati. Kamera pun terbaring ditumpukan baju dan sesekali digeser supaya tidak jatuh.

Baca Juga : Download Drama Korea (drakor) Paling ROMANTIS DISINI

Dan pada Agustus 2019 karena penasaran saya membongkar kotak-kotak kardus dan menemukan kabel data yang cocok dengan colokan kamera. Sedangkan adaptor pengisian umumnya sama dengan untuk hp atau android dengan out put 5 v dan 0,5A.

Karena saking penasarannya, pertama pengecekan baterai masih utuh dan tidak menggembung lalu langsung dicas. Pertama memang sedikit was-was karena adaptor juga tidak pernah dipakai, pengalaman saya 2 adaptor nokia lama meledak karena waktu yang lama tidak terpakai saya gunakan untuk mengecas.

Was –was yang kedua adalah baterai juga sudah 3,5 tahun tidak terisi daya, logika saya baterai laptop yang habis total bisa gagal dicas kembali dan bahkan harus diganti jika usia baterai sudah lebih dari 4 tahun (ini juga pengalaman saya). Dan saya juga khawatir baterai akan meledak juga.

Sesaat layar LCD ada logo sedang di cas, setelah beberapa menit saya lihat dari kejauhan ternyata tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kamera FUJIFILM Finepix JV 300 saya dekati adaptor hangat membuktikan ada respon dan baterai saya lepas juga hangat.

Pengecasan diteruskan hingga indikator full dan saya tes, alhasil kamera FUJIFILM Finepix JV 300 masih dalam keadaan baik dan normal seperti sediakala.

Kamera Saku Bagus dan Awet, FUJIFILM FinePix JV 300

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh kamera FUJIFILM Finepix JV 300, jika dibandingkan dengan kamera sejenis maka kamera ini memiliki kelebihan harga yang tidak terlalu mahal namun kualitas tetap bisa diandalkan.

Spesifikasi Kamera FUJIFILM Finepix JV 300 secara garis besar ;
  • Pixel efektif 14 Mp
  • Menggunakan lensa Fujinon lens 3 x Optical zoom
  • Zoom digital sekitar 6,3 x (jika digabung dengan zoom optik menjadi 18,9 x)
  • Berat 120 gr dan 2,7 inchi LCD dengan 230 rb-dot
  • Setelan Bahasa Ingggris, Indonesia dan 30 bahasa lain
  • Kapasitas baterai 720 mH, Waktu pengisian ulang kurang lebih 1 jam
  • Pilihan ISO 100, 200, 400, 800, 1600, auto
  • Mode semi auto keseimbangan warna tesedia 6 pilihan : sinar matahari langsung, bayang-bayang,lampu neon hari terang,lampu neon putih hangat,lampu neon putih sejuk dan lampu pijar
  • Lihat Video DISINI
Keunggulan  Kamera FUJIFILM Finepix JV 300 secara garis besar ;
  • Ringan dengan layar lebar dan zoom sampai 18,9 x
  • Menu sederhana, mudah dimengerti dengan logo
  • Baterai bandel tahan sampai 3,5 tahun kondisi kosong tanpa di charger, dan ketika dicas nornal seperti biasa (pengalaman pribadi)
  • Mudah perawatannya jika dibanding kamera DSLR
  • Kualitas gambar bagus dengan 14 MP
  • Bisa video kualitas HD dan foto panoramik 90 derajad

Lihat Video Unboxing Canon EOS 60 D

Itulah sedikit ulasan dari saya kali ini, semoga bermanfaat dan menjadikan inspirasi bagi temen-temen yang sedang mencari kamera yang awet dan handal.

Leave a Reply