Cara Menampilkan Video YouTube di Postingan WordPress

8 views

Bagi temen-temen pemula pasti bertanya-tanya “Mengapa kok video youtube? Mengapa tidak secara langsung saja tanpa harus masuk Youtube terlebih dahulu?” Jawabannya karena yang sudah di upload di Youtube lebih mudah link-nya.

Salah satu website andalan Google untuk berbagi video adalah Youtube, siapa sih yang tidak mengenal yuotube, kalian yang memiliki video bisa berbagi dengan cara mengupload video di YouTube dan dapat dilihat oleh semua orang di seluruh dunia.

Karena YouTube adalah situs berbagai video maka video yang berada di YouTube dapat kalian bagikan ke berbagai media sosial atau pun blog kalian.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tahapan singkat tentang cara memasang video YouTube di postingan WordPress.

Tutorial ini diperuntukkan bagi kalian yang mungkin masih kesulitan untuk memasang video YouTube di WordPress.

Berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk menampilkan video di postingan kalian :

Tahap awal silahkan kalian kunjungi situs YouTube    https://www.youtube.com/

Pilih video yang ingin kalian pasang atau cari  video yang ingin kalian bagikan dengan mengetikkan kata kunci seperti dibawah ini.

Setelah kalian mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian, maka YouTube akan menampilkan beberapa video yang relevan dan silahkan klik video yang sesuai dengan yang kalian cari.

Selanjutnya klik menu Tab “Share” maka akan memunculkan kolom popup dengan berbagai macam icon media sosial (medsos) dan dibagian bawahnya terdapat dua menu yaitu  Embed / sematkan” dan copy / salin. Silahkan kalian klik tulisan “Embed / sematkan” tersebut.

Setelah kalian klik tulisan “Embed / sematkan” maka akan muncul kolom popup dan silahkan copy kode ” embed atau iframe” tersebut.

Lalu silahkan kalian masukkan atau paste kode ke artikel postingan WordPress. Jangan lupa ketika meletakkan kode tersebut editor WordPress kalian dalam mode “Text” bukan VISUAL seperti dibawah ini.

Setelah code di paste kedalam teks, kalian bisa beralih lagi ke editor Visual. Secara otomatis kalian akan melihat tayangan video yang kalian pasang tadi.

Langkah terakhir, silahkan kalian untuk mem-publish atau meng-update postingan dengan klik tombol “Publish” jika postingan baru. Jika postingan lama cukup kalian klik tombol “Update” .

Dan silahkan untuk melihat postingan kalian kembali untuk melihat hasilnya sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini.

Dan itulah beberapa langkah mudah yang bisa kalian ikuti untuk memasang video YouTube di postingan WordPress kalian.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba.

Leave a Reply