Cara Mudah Membuat Bonsai Pohon Kelapa Gading

Memiliki  sesuatu yang unik memang membanggakan, apalagi sesuatu yang unik itu merupakan hasil karya tangan sendiri. Terlebih lagi jika banyak orang yang juga mengaguminya.

Tempo hari saya berkunjung ke rumah sahabat yang berprofesi sebagai design taman untuk rumah dan perkantoran. Tujuan utama saya kesana ingin sekedar  silaturahhim  karena lama tidak berjumpa. Rumah sederhana namun memberikan kesan tersendiri bagi setiap tamu yang datang.

Baca Juga:  Cara Stek Manggis Supaya Cepat Berbuah Manis

Penataan taman yang baik dipadukan dengan saung kecil dan air mancur menjadikan betah berlama-lama dipekarangan rumahnya. Memang tempatnya tidak terlalu luas hanya berukuran 3 x 6 meter. Suasana rumah yang sejuk mencerminkan sang pemilik sebagai design pertamanan yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Bibit kelapa yang sudah bertunas ukuran 30 cm

Pandangan mata saya tertuju pada bonsai kelapa yang nengkring di tepian kolam tepat belakang saya. Tampak unik bagikan miniatur pohon kelapa di tepian laut berkarang. Melihat bonsai pohon kelapa merupakan hal yang baru bagi saya. Karena yang saya tahu hanya bonsai pohon serut dan pohon beringin, selebihnya saya belum mengetahui.

Akhirnya saya mencari tahu dari mana asal bonsai kelapa itu. Ternyata itu buatan dia sendiri, bermula dari ketidak sengajaan. Waktu itu ada pohon kelapa gading tepat di belakang rumahnya, karena jarang dipanen akhirnya jatuh sendiri. Dan biasanya hanya ditaruh di bawah pohon. Karena seringnya kehujanan akhirnya tunasnyapun tumbuh. Dari situlah muncul ide membuat bonsai pohon kelapa.

Kelapa yang sudah dibersihkan dan siap ditanam di pot

Jenis varietas kelapa yang dapat di bonsai:

  • Kelapa gading merah
  • Jenis Kelapa albino
  • Kelapa gading susu

Cara menumbuhkan tunas kelapa

Buah kelapa hasil sortasi yang sudah memenuhi kriteria diletakkan di tanah yang lembab kurang lebih 2-3 minggu. Lakukan penyiraman seperlunya untuk menjaga agar tunas tidak mati.

Cara menyusun kelapa harus teliti dan hati-hati, karena dapat mempengaruhi hasil akhir dari bonsai yang kita buat. Meletakkan buah kelapa vertikal tangkainya sebelah atas, menjadikan bonsai dengan akar membalut batok kelapa. Sedangkan jika menginginkan hasilnya seperti keon atau umang-umang letakkan kelapa dengan posisi miring.

Cara memilih buah kelapa yang akan dibonsai

  • Kelapa tua sempurna dan dipetik dari pohon bukan yang sudah jatuh
  • Pilih kelapa ukuran kecil dangan batok yang tebal serta banyak akarnya

Cara mudah membuat bonsai pohon kelapa

  1. Pilih bibit kelapa yang memiliki tunas 20-30 cm
  2. Kupas sabut yang membungkus secara perlahan, pastikan akar tidak rusak
  3. Bersihkan seluruh sabut dari permukaan batok hingga yang nampak hanya akarnya
  4. Sayat pelepah yang tua dan sisakan yang masih kuncup
  5. Tanam di pot yang sudah disediakan

Baca Juga:  Kemunculan Istilah Pelakor dari Sini Awalnya

Itulah cara mudah membuat bonsai pohon kelapa. Segala sesuatu bisa kalian lakukan selama kalian mau mencoba. Selamat mencoba semoga berhasil 🙂

Leave a Reply