SMK Pertanian UNGGULAN di Lampung dan Sumatera

SMK Pertanian Favorit di Lampung dan Terbaik di Sumatera

Bagi adik-adik lulusan SMP yang ingin mencari sekolah kejuruan di Lampung tidak usah bingung. Sekarang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di Lampung sudah banyak dan hampir disetiap daerah sudah ada, baik yang Negeri ataupun swasta.

Namun jurusan di masing-masing sekolah bisa saja berbeda, biasanya ada salah satu jurusan yang menjadi andalan atau memiliki kualitas yang baik. Didukung dengan sarana dan prasarana yang ada maka menjadikan jurusan tersebut menjadi jurusan favorit.

Baca Juga : Syarat Pendaftaran di SMK Negeri 2 Metro Lampung

Jika adik-adik ingin mengembangkan pertanian di daerahnya atau ingin bekerja di perkebunan atau sebagai penyuluh lapangan perusahaan (formulator) setidaknya masuk di SMK Jurusan Pertanian.

Pertanian sendiri banyak konsentrasinya yaitu Perkebunan, Hortikultura, Mekanisasi pertanian, Teknik pengolahan hasil pertanian, Peternakan dan Perikanan dan masih banyak lagi.

Ada beberapa SMK Favorit di Lampung yang bisa dijadikan referensi
  1. SMK PP Negeri Lampung (Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan) atau SPMA

SMK PP Negeri Lampung beralamatkan di Jl. Lintas Sumatera KM 1, Kel. Hajimena,  Kec.Natar,  Kab. Lampung Selatan Telp.(0721) 8013 559 . Dulu bernama SPMA (Sekolah Pertanian Menengah Atas) yang pernah jaya di era 80an. Dan banyak melahirkan tenaga propesional dalam bidang pertanian khususnya di Lampung dan Sumatera.

Setelah beberapa lama “mati suri” saat ini sudah mulai dibangkitkan kembali oleh Gubernur Lampung Bpk. M.Ridho Ficardo, mulai tahun 2015 dilakukan perbaikan dan pembangunan gedung baru serta penambahan sarana pendukung pembelajaran lainnya.

Hingga saat ini tahun 2018 kucuran dana dari pusat terus diberikan. SMK PP Negeri Lampung di klaim sebagai SMK Pertanian terbaik di Sumatera dengan didukung kelengkapan fasilitasnya. Juga di lengkapi asrama bagi siswa dari luar daerah, sehingga tidak perlu repot mencari tempat kost.

Selain itu, lulusan SMK PP Negeri Lampung yang ingin bekerja di perusahaan juga bisa, karena sudah banyak perusahaan yang bermitra dengan SMK PP untuk mencari tenaga propesional yang siap kerja.

  1. SMK Negeri 2 Metro (SMK Perintis)

SMKN 2 Metro di Lampung atau lebih dikenal SMK Perintis Metro adalah sekolah kejuruan yang memiliki banyak jurusan dan yang menjadi jurusan favorit adalah jurusan Pertanian.

Terbukti kebanyakan siswa berasal dari luar daerah berbagai kabupaten kota sampai luar provinsi. Jurusan yang ada di SMKN 2 Metro yaitu: Peternakan, Perikanan, Teknik Hasil Pertanian (THP), Mekanisasi Pertanian, Hortikultura, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pendingin dan Tata Udara (AC) dan Teknik Kimia.

SMKN 2 Metro juga telah bekerjasama dengan banyak perusahaan dan siap menampung lulusan terbaiknya untuk dijadikan karyawan. Hampir setiap tahun di Kampus SMKN 2 Metro digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Job Fair guna memberikan kesempatan bagi pemuda yang ingin mencari kerja.

Jalur Penerimaan siswa baru di SMKN 2 Metro dibagi dua:
  • Jalur Prestasi, jalur prestasi yaitu pendaftaran menggunakan nilai rapor SMP dari semester 1 sampai semester 5 dan masuk sepuluh besar di kelasnya. Tahun 2018 sudah dilakukan dan terakhir tanggal 30 April 2018
  • Jalur Umum / Reguler dimulai tanggal 9 April 2018, dengan cara datang langsung ke kampus SMKN 2 Metro di Jalan Yos Sudarso,  Kel.Ganjarasri, Kec.Metro Barat , Kota Metro, Lampung, PO BOX 214. Kode Pos 34114
Syarat yang dibawa saat pendaftaran :
  1. Photocopy rapor (2 lembar)
  2. Pas Foto 3×4 (4 lembar)
  3. Photocopy piagam kejuaraan yang pernah diraih di SMP (2 lembar)
  4. Keterangan rangking 1-15 di kelas
  5. Informasi lainnya dapat ditanyakan langsung di sekolah

Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Siswa Baru SMKN 2 Metro bisa dilihat secara online atau Klik DISINI

Untuk keterangan lebih lanjut bisa tinggalkan komentar di bawah artikel ini.

Leave a Reply