Definisi Teks Eksplanasi | Modul Bahasa Indonesia Kelas 11

3 views

Pada pelajaran ini kalian diajak belajar memahami teks eksplanasi.  Apa yang kalian ketahui tentang teks eksplanasi?. Teks eksplanasi yaitu berisi penjelasan tentang suatu keadaan sebagai akibat dari sesuatu yang lain yang telah terjadi sebelumnya dan akan menyebabkan sesuatu yang lain terjadi kemudian.

Teks ekplanasi erat hubungannya dengan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita, yaitu peristiwa alam dan peristiwa sosial. Menjelaskan proses terjadinya sesuatu menurut prinsip sebab-akibat adalah fungsi sosial dari teks eksplanasi.  Contoh sederhana yang merupakan salah satu bentuk peristiwa alam yang dapat kita lihat dan kita amati adalah siklus air.

Siklus air bisa menyebabkan rentetan peristiwa alam  seperti hujan, banjir, tanah longsor, dan kekeringan.  Terlalu banyak pasokan air atau terlalu sedikitnya pasokan air bagi kebutuhan manusia juga bisa mengakibatkan masalah sosial.

Pada pelajaran ini, Ananda akan mempelajari teks eksplanasi yang membahas peristiwa alam, yakni hujan, banjir, kekeringan, dan peristiwa sosial yang terjadi akibat peristiwa alam itu.

Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”.  Siklus hidrologi adalah  sirkulasi air yang tak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.

sumber: usgs

Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/uap dalam proses evaporasi.  Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir, waduk dan air laut) dan tanaman.  Tanaman menyerap air melalui akar.  Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap.  Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut transpirasi.

Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air.  Temperatur yang berada di bawah titik beku (freezing point) mengakibatkan kristal es terbentuk.  Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil (tiny droplet) yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara.  Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi, yang disebut dengan hujan atau presipitasi.  Jika temperatur udara turun sampai di bawah 0 Celcius. Butiran air akan berubah menjadi salju.

Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.  Aliran air ini disebut aliran permukaan tanah karena bergerak di atas muka tanah.  Aliran ini akan memasuki daerah tangkapan atau daerah aliran menuju ke sistem jaringan sungai, sistem danau atau waduk.  Dalam sistem sungai aliran mengalir mulai dari sistem sungai kecil ke sistem sungai yang besar dan akhirnya menuju mulut sungai atau sering disebut estuary, yaitu tempat bertemunya sungai dengan laut.

Dowload Lengkap Disini :

Gravatar Image
Guru di SMK N 2 Metro, Lampung

Leave a Reply