Shock Yamaha NMAX agar EMPUK, Gunakan PER Shogun

114 views
Shockbreaker Yamaha NMAX supaya empuk dan nyaman, ini dia caranya.

Bagi temen-temen pecinta motor, tentunya selalu menginginkan performa terbaik untuk tunggangannya. Bukan hanya mesin yang mumpuni, tetapi suspensi, rem dan kelengkapan lainnya tentu akan menjadi preoritas juga.

Kali ini saya akan membahas mengenai suspensi belakang atau shockbreaker motor Yamaha NMAX. Motor Yamaha NMAX 155 dengan design besar memang diperuntukkan bagi orang yang cenderung berbody besar. Mengapa demikian? Karena memang motor ini dibekali pula dengan cc yang berkapasitas besar pula yaitu 155cc.

Motor matic dengan cc 155 akan sangat baik walaupun dikendarai orang yang berbody besar tentunya. Karena tenaga yang dihasilkan pun sebanding dengan muatan yang dibawa dan mampu membawa beban berat sekalipun. Mungkin akan berbeda dengan motor yamaha matik pendahulunya yaitu yamaha mio.

Shockbreaker Yamaha NMAX supaya EMPUK dan nyaman, Bagaimana Caranya?

Tetapi tidak sedikit pula peminat motor matic berbody besar ini digemari oleh orang yang memiliki bodi kecil alias standar orang indonesia pada umumnya. Yang menjadi sedikit permasalahan adalah shockbreaker atau shock belakang motor yamaha NMAX terlalu ringan untuk membawa satu orang alias pengendara tunggal saja.

Apalagi jika melewati jalan batu atau jalan yang rusak, maka akan sangat terasa sekali kalau suspensi belakang terlalu keras. Seperti yang saya katakan, memang suspensi yamaha nmax akan lebih nyaman jika beban yang dibawa lebih dari 100kg, karena  saya sudah merasakan nya.

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi hal ini?… Saya akan memberikan tips jitu untuk mengatasinya. Dengan sedikit mengembangkan kreatifitas setidaknya akan memberikan gambaran untuk menanganinya.

Adapun caranya yaitu dengan memanfaatkan per suzuki shogun 110 dan dikombinasikan dengan shockbreaker asli bawaan yamaha nmax. Selain ukuran panjang per dengan tabung shockbreaker yamaha nmax yang nyaris sama, per suzuki shogun memiliki model per yang memiliki ulir yang rapat.

Menurut pengalaman, per shock yang memiliki ulir yang rapat cenderung lebih empuk dan lebih nyaman ketika dikendarai sendiri. Seperti contohnya shockbreaker motor honda win 100 yang terkenal dengan kenyamanannya. Admin juga sudah merasakan kenyamanan shock tersebut karena admin memiliki motor honda win juga hehehe.

Oke kita lanjutkan dengan pembahasan pokok kita yaitu mengkombinasikan antara shock motor suzuki shogun 110 dengan shock original yamaha nmax. Mungkin temen temen bertanya-tanya mengapaharus shock suzuki shogun 110 bukan yang lain?..

Bacaan Lainnya : Cara Service Shock Belakang Motor Vixion NVL

Karena pemilihan ini terkait dengan ukuran per tidak boleh terlalu jauh perbedaannya dan juga kenyamanan yang dihasilkan. Percuma dong jika diganti per nya tetapi hasilnya tidak signifikan, tentunya akan sia-sia. Selain itu, tidak perlu melakukan perubahan terhap dudukan per dan yang lainnya.

Shock Yamaha NMAX agar empuk dan nyaman, Begini caranya.
Alat dan bahan yang digunakan
  • Pilih per suzuki shogun 110 yang masih bagus kondisinya, tidak retak atau patah atau bengkok. Kalian bisa mendapatkannya di loakan atau di pengumpul ronsokan. Atau bisa juga membeli yang baru.
  • Jika mendapatkan shock suzuki shogun 110 second, sebaiknya sebelum di kombinasikan dilakukan pengecatan terlebih dahulu supaya lebih menarik.
  • Kunci ring pas 12, 14, 19, T10, T 12, T13, gergaji besi, pahat (obeng yang ditajamkan), gerida dan palu
Tahap persiapan
  • Buka per shockbreaker suzuki shogun 110, lakukan pengecatan terlebih dahulu jika perlu.
  • Ambil fiber berwarna putih yang terletak diposisi atas shock shogun 110 lalu potong kira-kira 1 cm, jika kurang faham lihat video di bawah ini, potongan fiber ini digunakan untuk menahan per agar tidak bergeser dan posisi tetap ditengah.
  • Lubangi fiber tersebut sebesar ring per milik yamaha NMAX dengan menggunakan obeng tajam.
  • Lubang per shock suzuki shogun 110 bagian atas diperbesar agar ring per milik yamaha NMAX bisa masuk, bisa dilakukan dengan di gerinda atau dengan pemanasan menggunakan las karbit. Sebagai catatan, jika dilakukan pemanasan sebaiknya jangan didinginkan menggunakan air, tetapi biarkan dingin dengan sendirinya. Hal ini menghindari per menjadi keras dan getas sehingga mudah patah.
  • Tonton Video DISINI
Tahap Pemasangan
  • Buka shockbreaker motor yamaha NMAX kalian sebelah kiri, yaitu dengan membuka sedikit baut filter yang menempel di mesin dengan menggunakan kunci T 10 serta lepaskan selangnya.
  • Buka mur atas menggunakan kunci ring 14 secara hati-hati dengan cara dihentakkan sedikit.
  • Buka baut bawah dengan menggunakan kunci rin 12 dengan hati-hati dan perlu hentakan pada awalnya.
  • Setelah itu buka per nya dengan menggunakan kunci pas 19 dan kunci T untuk menahannya. Yang dibuka yaitu bagian bawah per jika diposisikan berdiri, dan baut tipis terletak didalam per, dengan menekan per akan terlihat jelas.
  • Setelah berhasil dibuka saatnya melakukan perakitan,dengan cara memasukkan potongan fiber milik shogun 110 kedalam tabung shock NMAX diikuti oleh per shogun110, lalu pasang ringnya dan piting bawah shock NMAX dan kencangkan.
  • Setelah selesai, lalu pasang kembali pada motor.
  • Selanjutnya buka shockbreaker yamaha NMAX sebelah kanan, yaitu dengan cara membuka baut kenalpot menggunakan kunci ring 14 dan T 12
  • Buka baut atas dan bawahnya dan ikuti prosesnya seperti cara di atas.
  • Lakukan secara teliti dan hati-hati dan lalukan pengecekan ulang sebelum kalian gunakan untuk berkendara.
  • Tonton Video Hasil Modifikasi DISINI

Itulah sedikit tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada ide dilain hari akan saya share dengan teman-teman. Sedangkan jika temen-teman ada kritik, saran ataupun ide silahkan tuliskan dikolom komentar. Terimakasih.

Leave a Reply