Penyebab Oli Monoshock Honda CB 150R Habis

19 views
Penyebab oli monoshock honda CB 150R Habis

Kali ini saya akan mengulas tentang beberapa Penyebab oli monoshock honda CB 150R habis dan sok menjadi jedag-jeduk. Pada beberapa artikel sudah saya bahas hal-hal yang menyebabkan bocornya oli sokbreker. Namun kali ini ada satu hal yang belum saya ulas secara detail dengan kasus pada artikel ini.

Pada umumnya sokbreker belakang motor bawaan pabrik, baik dobel shock atau monoshock menggunakan bahan yang berkualitas, sehingga tabung shock, seal (sil) dan as shock tidak mudah rusak. Berbeda dengan sok modivikasi yang serupa namun tak sama yang harganya lebih murah. Dan berbeda lagi jika sok variasi yang harganya jauh lebih tinggi dibandikan dengan sok original, itu berarti kualitas bisa dijamin bagus. Istilah gampangnya ada harga ada rupa.

Beberapa kasus yang pernah saya jumpai adalah habisnya oli karena tabung shock robek karena gesekan piston dalam tabung. Sebenarnya gesekan piston tidak akan merusak tabung jikalau kondisi oli masih layak atau diatas ambang batas aman. Sepertinya sok ini sudah terlalu lama kehabisan oli sehingga gesekan membuat cekungan dibagian samping dan seperti ada sayatan.

Secara kasat mata memang tidak terlihat, karena tidak serta merta tampak robek. Namun tabung diketahui bocor setelah dilakukan pengisian oli dan penggantian seal. Jenis sok yang saya service adalah sok variasi yang memiliki tabung oli cadangan. Memang sebenarnya sudah disediakan cadangan oli supaya tidak sampai kehabisan, namun karena kurangnya kontrol dari pemilik berakibat sobeknya tabung sok.

Kembali pada Penyebab oli monoshock honda CB 150R Habis.

Adapun penyebab oli monoshock honda CB 150 R Habis dan akibat yang ditimbulkan yaitu:
  • Seal monoshock rusak

Umur sock yang sudah dipakai melebihi 4 tahun akan memiliki masalah seal menjadi keras dan tidak lentur atau lebih dikenal dengan seal yang membatu. Hal inilah yang mengakibatkan seal menjadi tidak elastis sehingga oli bisa merembes keluar mengikuti pergerakan as serta akibat terkena tekanan piston dalam tabung.

Fungsi utama seal adalah untuk menjaga supaya oli tertahan didalam walaupun terkena tekanan. Komponen pendukung utama pada seal adalah per seal yang melingkar di bibir seal yang mengikat kuat kearah as sok. Per ini juga yang sangat mempengaruhi kinerja seal bisa lebih maksimal. Per seal bagus namun karet sudah keras maka oli akan bocor, sebaliknya karet seal masih bagus tapi per sudah kendur maka oli shock juga akan merembes.

Maka dari itu antara seal dan karet pada seal adalah satu kesatuan yang tidak dapat diabaikan salah satunya. Jika seal sudah ada tanda rusak harus segera di ganti.

  • As shock baret (rusak)

Hal yang lain Penyebab oli monoshock honda CB 150 R Habis adalah as shock rusak berupa goresan vertikal, goresan horizontal atau luka cekung. Goresan veltikal memanjang bawah keatas adalah akibat seal sudah mengeras, sehingga timbul goresan teratur atas kebawah. Jika terlalu lama dengan keadaan tersebut maka oli akan habis dan akan memperparah kondisi as mejadi goresan lebih dalam dan akhirnya lapisan pengaman as habis lebih jauh as sampai agak cekung. Jika kondisi sudah demikian maka shock sudah tidak dapat diservice.

Baca : Kenali penyebab monoshock rusak sebelum terlambat service.

Selain itu as sock juga bisa terluka berbentuk horizontal (datar), biasa akibat kelalaian pemakaian, misalnya terkena gergaji besi atau as terpukul sehingga luka, ini juga bisa berakibat seal rusak dan oli bocor.

  • Kelebihan muatan

Muatan yang berlebih dan tidak sesuai dengan yang disarankan juga merupakan Penyebab oli monoshock honda CB 150 R habis, mengapa demikian ? karena mengakibatkan tekanan pada tabung menjadi diluar kemampuan. Sedangkan kemampuan seal untuk menahan tekanan terbatas. Jebolnya seal biasanya terjadi jika membawa beban berlebih  melalui jalan yang jelek. Admin pernah mengamami sendiri hal tersebut, saat itu memang membawa muatan yang bannyak dan berat melalui jalan jelek terdengar bunyi “bust” dan sok ambles, ketika dicek ternyata sok sudah berlumuran oli yang menetes ke velg.

  • Tabung shock bocor

Pada uraian diatas saya menerangkan bahwa shock original tidak mudah bocor, karena sudah menggunakan material yang kuat. Namun disini Penyebab oli monoshock honda CB 150 R habis diakibatkan oleh retaknya las yang menghubungkan tabung shock dengan dudukan boss shock. Memang hal ini baru saya temukan dua kali khusus monoshock, sedangkan pada doubel shock tidak pernah.

Tips Agar Service Sokbreker Lebih Awet lihat Video di bawah ini dan jangan lupa SUBCRIBE

Karena kondisi oli sudah habis maka hal yang pertama harus membuka monoshock honda CB 150 R tersebut. Kondisi seal dan as masih bagus dan tidak perlu diganti, namun terlebih dahulu mengelas tabung tersebut. Ternyata mengelas tabung monoshock tidak semudah yang saya bayangkan teman-teman. Ini adalah pengalaman saya yang wajib saya bagikan untuk pembaca semua. Karena saya bolak balik ketempat las sampai tiga kali dan masih bocor.

Begini ceritanya tahap awal lepas as dan piston dari tabung dan dibersihkan lalu dilakukan pengelasan pada bagian yang retak. Lalu dicek masih bocor atau tidak menggunakan bensin dan alhasil tidak ada tanda kebocoran atau rembesan.

Tahap kedua pengisian oli dan pemasangan as serta tabung bagian dalam, lalu pemasangan seal dan diklem kembali. Setelah per mau dipasang ternyata ada rembesan oli yang masih keluar namun sedikit. Akhirnya dilakukan pengelasan kembali dengan keadaan tabung terisi oli penuh. Yang dikhawatirkan adalah naiknya tekanan dalam tabung akibat oli yang mendidih dan meledak.

Setelah dengan berbagai cara las listrik, las karbit dengan aluminium dan las karbit dengan kuningan akhirnya berhasil diatasi.

Tips bagi temen temen jika  Penyebab oli monoshock honda CB 150 R Habis karena tabung retak :

  • lakukan pengelasan dengan kuningan secara merata atau keliling jangan hanya di las yang mengalami retakan saja.
  • Lakukan pengecekan kebocoran dengan menggunakan oli bukan bensin. Karena oli akan mudah merambat dicelah yang sempit jika ada pemanasan.
  • Untuk melihatnya taburi tempat yang ingin di cek kebocorannya dengan menggunakan debu.

Itulah sedikit ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk temen-temen semua. Terimakasih.

Leave a Reply