Ciri MonoShock Rusak, KENALI Sebelum TERLAMBAT Service

Ciri monoshock rusak pada motor bebek atau motor jenis tril hampir sama. Tanda yang umum yaitu terlihat basah pada ujung bawah tabung monoshock karena oli yang merembes.  Adapun tanda yang dirasakan adalah jedag-jedug ketika melewati jalan yang tidak rata atau rusak.

Cara menanganinya pun sama antara monoshock bebek dan monoshock motor tril, yaitu dilakukan penggantian seal juga penggantial oli. Sudah banyak bengkel yang menyediakan layanan service monoshock.

Salah satu alamat bengkel service monoshock yaitu beralamatkan di Jalan Metro-Wates Gang Satu Tujuan, Kampung Purwodadi 13B, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah. Tarifnya pun terbilang terjangkau. Untuk monoshock bebek jasa perbaikan mulai dari 50 ribu. Sedangkan untuk monoshock motor tril tarifnya mulai dari 90 ribu. Besarnya biaya tergantung kerusakan yang terjadi pada monoshock.

Garansi yang diberikan selama 3 bulan, jika pada masa tiga bulan itu shock mengalami masalah akan diperbaiki tanpa biaya. Pelayanannya pun sangat memuaskan dan ramah, kalian bisa konsultasi gratis seputar shock motor. Waktu yang dibutuhkan untuk service monoshock tidak terlalu lama, jika kalian mau menunggu juga bisa.

Pengalaman saya hasil service nya sangat memuaskan. Terbukti sudah hampir 1,5 tahun tidak ada masalah dan masih nyaman dikendarai. Motor hanya saya gunakan secara normal bukan untuk angkutan berat. Hal itu tentunya juga berpengaruh dengan ketahanan shock. Shock yang saya service adalah shock ori motor honda kirana 125.

Karena lokasinya tidak terlalu jauh dengan pusat Kota Metro, lebih mudah jika monoshock sudah dilepas dari motor kalian dan ditinggal, lalu kalian bisa shoping atau ketaman kota sambil ngopi menikmati duren khas lapangan Samber.

Oiya, jasa service untuk doubel shock per biji biayanya mulai dari 40 ribu, perbedaan tarif biasanya dipengaruhi oleh ukuran tabung shock. Karena semakin besar ukuran tabung membutuhkan oli 2 kali lipat ukuran normal, juga dipengaruhi ukuran seal yang besar juga semakin mahal.

Adapun ciri monoshock rusak dapat diamati dan dirasakan, tanda yang lazim terjadi yaitu:
  1. Munculnya oli di sekeliling monoshock, biasanya ditandai dengan menempelnya debu dan terlihat basah
  2. Ketika menjumpai jalan jelek tanpa muatan, akan terasa jedag jedug, disebabkan oli yang berfungsi sebagai peredam balik sudah berkurang atau habis
  3. Pada saat berboncengan monoshock menjadi ambles, sehingga kenyamanan bermotor terganggu
  4. Ketika digunakan untuk manufer di jalan menikung akan mengayun dan tidak stabil

Jadi jika kalian sudah menemukan tanda-tanda yang demikian, supaya periksakan ke bengkel atau tempat service, karena penanganan yang terlambat menyebabkan tidak bisa dilakukan perbaikan. Jikalau bisa maka akan membutuhkan dana yang lebih, karena mungkin harus mengganti tabung atau as monoshock kalian. Tanda seperti itu juga dialami oleh doubel shock. Namun biasanya proses kerusakan tidak secepat monoshock.

Baca Juga: Cara Service MonoShock Yamaha Vixion

Semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar kalian untuk sekedar sharing atau bertanya seputar monoshock atau shockbreker.

Terimakasih 🙂

3 Comments on “Ciri MonoShock Rusak, KENALI Sebelum TERLAMBAT Service”

Leave a Reply