Cara Service Mono Shock Tabung YSS

Bagi temen-temen yang suka memodifikasi motor jelas tidak asing dengan monoshock tabung. Pada umumnya, motor menggunakan shock biasa dan tidak ada tambahan tabung. Namun ada juga yang sudah dari fabrikan diberikan tabung pada shocknya.

Sebenarnya apa kegunaan dan fungsi tabung tambahan pada shock? Sedikit akan saya berikan ulasan dari berbagai macam shock yang pernah saya service mengenai fungsi tabung. Tabung yang dimaksud disini adalah tabung tambahan dengan ukuran bervariasi yang terletak menempel dengan tabung utama.

Baca Juga: Cara Mudah Service Shock Belakang Motor Vixion

Tabung sesungguhnya memiliki fungsi sebagai cadangan oli. Karena usia pemakaian biasanya oli akan semakin berkurang dan berakibat pada ketidaknyamanan dalam berkendara.  Oli sendiri memegang peranan yang dominan terhadap kelangsungan fungsi shock. Selain itu ada juga yang berisi udara atau gas. Sedangkan tujuan penggunaan sama yaitu menciptakan kenyamanan pengguna.

Shock tanpa oli akan terasa jedag jedug dan berujung pada rusaknya as dan tabung. Pada dasarnya kerusakan As dan tabung tidak akan terjadi jika pemilik kendaraan melakukan service ketika tanda awal sudah mulai muncul.

Pada shock asli bawaan motor memiliki kualitas yang bisa diandalkan, selain matrial bagus tabungnyapun lebih tebal. Jadi kalaupun terjadi bocor berarti tabung tidak terisi oli sudah cukup lama. Kasus yang sering terjadi adalah pada shock variasi. Saya sering gagal service karena tabung sudah sangat tipis akibat gesekan piston dalam tabung tanpa adanya oli. Padahal terlihat masih mulus dan bagus.

Jadi bagi kalian yang suka pasang shock variasi ada baiknya memilih yang kualitasnya sudah ter uji. Pengalaman saya, pernah menemukan shock tanpa menggunakan oli, jadi komponen luar sama ada per dan tabung, sedangkan isi tabung berupa piston besi dan tambahan piston plastik.

Langkah-langkah service monoshock YSS tabung
  1. Buka pengunci per berupa ring belah dengan cara menekan per kearah bawah dan ring dicongkel menggunaknan obeng
  2. Setelah itu keluarkan per dan pisahkan dengan tabungnya
  3. Buka penutup seal pada tabung dengan menggunakan pahat diputar kearah kiri
  4. Lalu tarik as berikut isi komponen isi tabung
  1. Bersihkan tabung dan komponen menggunakan air diterjen atau bensin
  2. Tambahkan oli secukupnya
  3. Pasang kembali as dan seal dengan hati-hati juga penutupnya
  4. Pasang per luar dan ring pengunci, caranya sama dengan menekan per kebawah
  5. Proses perbaikan selesai
Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan service
  • Seal tidak perlu diganti apabila penanganan shock belum terlambat. Gejala dini yang terlihat biasanya basah pada shock dan jedag jeduk ketika melalui polisi tidur. Yang perlu diganti adalah per sealnya. Per seal bisa menggunakan per seal honda megapro atau tiger.
  • Shock masih layak di service jika as tidak rusak. As yang bagus memiliki ciri permukaannya masih terlihat mengkilap.
  • Tabung tidak rusak atau bocor. Biasanya terlihat ketika pengisian oli dilakukan.

Baca Juga: Cara Stek Manggis Supaya Cepat Berbuah

Sekian ulasan dari saya semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply